I'M WATCHING YOU !

Berkat bagi orang benar

" Sebab mata Tuhan tertuju kepada orang-orang benar, dan telinga-Nya kepada permohonan mereka yang minta tolong, tetapi wajah Tuhan menentang orang-orang yang berbuat jahat." 
 I Petrus 3:12

Dalam ayat ini setidaknya ada dua berkat bagi orang-orang benar yaitu:
  • Pertama, berkat pengawasan dari Tuhan.
     Pada ayat diatas dikatakan mata Tuhan tertuju pada orang-orang benar. Bahkan dalam Ayub 36:7a dikatakan Tuhan tidak mengalihkan pandangannya dari orang benar. Itu artinya orang benar senantiasa diawasi oleh Tuhan. Kemanapun melangkah akan senantiasa dijaga dan dilindungi oleh Tuhan.

     Yang dimaksud dengan orang benar adalah orang yang dibenarkan oleh Tuhan. Mengapa dibenarkan Tuhan? Itu karena mentaati firman Tuhan, firman Tuhan adalah kebenaran sebab itu orang yang hidup didalamnya adalah orang benar. Karena mata Tuhan tertuju pada orang benar maka orang yang demikian senantiasa berada dalam pengawasan dan perlindungan Tuhan sehingga mereka terhindar dari jerat dan tipu daya iblis. Itulah sebabnya ada ayat mengatakan “Sebab tujuh kali orang benar jatuh, namun ia bangun kembali, tetapi orang fasik akan roboh dalam bencana” (Amsal 24:16). Karena mereka senantiasa di topang oleh Tuhan. Bahkan mereka akan terhindar juga dari malapeta. Itu dapat kita lihat pada ayat dibawah :
      "Sebab TUHAN ialah tempat perlindunganmu, Yang Mahatinggi telah kaubuat tempat perteduhanmu, malapetaka tidak akan menimpa kamu, dan tulah tidak akan mendekat kepada kemahmu; sebab malaikat-malaikat-Nya akan diperintahkan-Nya kepadamu untuk menjaga engkau di segala jalanmu." Mazmur 91:9-11
     Ayub adalah orang benar yang senantiasa di perhatikan oleh Tuhan. Tuhan tahu kalau iblis sering mengincar dan berniat jahat terhadap Ayub, namun Iblis tidak bisa mencelakakan Ayub karena ia berada dalam pengawasan dan perlindungan Tuhan. Tanpa seijin Tuhan, Iblis tidak dapat menjamah Ayuab.
  • Kedua, Tuhan mendengarkan doa orang benar.
     Salah satu kunci agar doa kita di jawab Tuhan adalah kita hidup dalam kebenaran. Banyak orang bertanya-tanya kenapa Tuhan tidak pernah menjawab doanya. Memang dalam hal doa ada tiga jawaban Tuhan yaitu Ya, tunggu dan tidak.
-Tuhan menjawab "Ya" jika doa itu adalah doa yang benar yaitu doa yang bukan karena untuk memuaskan hawa nafsu duniawi. 
-Tuhan menjawab "tunggu" bila doa yang di mohonkan adalah doa yang benar namun Tuhan ingin melihat kesabaran dan ketekunan kita. 
-Tuhan menjawab "tidak" jika doa itu dipenuhi oleh hawa nafsu duniawi. Itu dapat kita lihat pada ayat dibawah:

 "Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu."  Yakobus  4:3
     Namun doa orang benar akan selalu di jawab "Ya" oleh Tuhan karena selain mata Tuhan tertuju padanya, juga karena doa orang benar akan senantiasa meminta hal-hal yang benar, bukan doa yang di motivasi oleh keinginan daging.
" Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya." Yakobus 5:16b 

     Oleh sebab itu mari berdoa agar kita dapat hidup benar yaitu hidup dalam kebenaran firman Tuhan agar kita mendapat berkat pengawasan dan perlindungan dari Tuhan serta berkat jawaban doa. Tuhan Yesus memberkati. Amin.

No comments: