METAMORPHOSIS - SAKIT TAPI ENAK


Kata proses (process) berasal dari bahasa latin:

Pro” artinya forward
Ceder” artinya to go

Secara harafiah process artinya to go forward (bergerak maju). itu berarti sebuah proses justru sedang membuat kita maju dan menjadi lebih baik.

Kupu-kupu yang terlihat cantik dan rupawan dulunya adalah seekor ulat. Ia merupakan salah satu contoh hewan yang mengalami siklus cukup panjang di hidupnya. Ia mengalami sebuah proses yang disebut metamorphosis. Dari telur, ia menetas menjadi ulat. Setelah beberapa saat, ia membungkus dirinya sebagai kepompong. Dan, pada waktunya ia menjadi seekor kupu-kupu yang bisa terbang! 

Biasanya calon kupu-kupu akan berjuang keras selama berjam-jam untuk mendorong tubuhnya keluar melalui lubang kepompong. Dengan perjuangan yang sangat keras pada akhirnya ia menjadi kupu-kupu yang bisa terbang dan terlihat cantik.

Namun jika salah satu dari proses tahapan tersebut tidak dilewati dengan baik, maka hasilnya ia akan gagal menjadi kupu-kupu. Ia tidak akan bisa terbang seumur hidupnya dan mati.

Terkadang kita mengeluh dan tak tahan dengan semua proses perjuangan hidup yang kita lewati. Sebuah proses memang menyakitkan. Namun ingatlah bahwa semua proses yang anda alami justru sedang membuat anda maju. 

Proses dalam melalui perjuangan hidup justru sedang melatih dan membentuk anda menjadi pribadi yang kuat, tangguh, tahan banting, dewasa sehingga pada akhirnya anda bisa terbang mengatasi setiap badai dan terlihat menawan.

Saya yakin bahwa Tuhan tidak akan membiarkan kita hidup tanpa kesulitan, karena Ia tahu bahwa tanpa kesulitan itu hanya akan membuat kita lemah, kita tidak akan sekuat seperti yang kita harapkan, dan kita tidak akan pernah bisa terbang.

Tidak ada yang namanya jalan pintas atau instant untuk mendapatkan semua impian anda dan mendapatkan hal-hal yang baik dalam hidup, semuanya membutuhkan proses.

Tetap sabar dan jalani semua proses 
dengan sukacita. 

Bless you all

No comments: